Rabu, 10 November 2010

Pengelolaan Proyek Sistem Informasi

UTS PPSI
Dosen: Prof. (R.) Drs. Nazir Harjianto, M.Sc., MA

SOAL :
1. Mohon jelaskan hubungan antara ketidakpastian proyek dan bahwa proyek harus menciptakan suatu produk atau jasa yang unik!
2. Mohon jelaskan mengapa proyek yang memasukkan teknologi baru selalu menghadapi ketidakpastian!
3. Mohon jelaskan apa hubungan antara pohon industri Teknologi Informasi dengan investment pada industri tertentu! Mohon diberi contoh!
4. Mohon dijelaskan bagaimana cara memaksimumkan nilai investasi TI perusahaan, sambil meminumkan resiko!
5. Pengelolaan proyek merupakan aplikasi dari knowledge, keterampilan, alat, dan teknik untuk kegiatan proyek yang dapat memenuhi kebutuhan proyek. Mohon dijelaskan bagaimana proyek seharusnya merupakan aplikasi dari knowledge!

JAWABAN :
1. Hubungan antara ketidakpastian proyek dan bahwa proyek harus menciptakan suatu produk atau jasa yang unik yaitu proyek memasukkan ketidakpastian seperti Lingkup : Apa yang hendak dicapai atau diselesaikan oleh proyek? Produk atau jasa unik apa yang diharapkan konsumen atau sponsor dari proyek tersebut? Waktu: Berapa lama untuk menyelesaikan proyek? Bagaimana dengan jadwal proyek? Biaya: Berapa seharusnya biaya untuk menyelesaikan proyek tersebut, sehingga proyek merupakan suatu upaya atau usaha temporer atau sementara untuk menciptakan suatu produk atau jasa yang unik akan tertarik pada penggunaan sumberdaya yang efektif guna penyelesaian proyek tersebut, bila dilakukan secara efisien dan tepat waktu.
Inovasi  pasar  banyak ketidakpastian
2. Proyek yang memasukkan teknologi baru selalu menghadapi ketidakpastian karena proyek kadang-kadang sulit untuk secara jelas didefinisikan seperti sasaran proyek, estimasi berapa lama proyek tersebut selesai, atau berapa biaya yang diperlukan. Ketidak pastian ini yang menjadi alasan utama dilakukan pengelolaan proyek dalam menghadapi tantangan, terutama proyek yang memasukkan teknologi baru.
3. Hubungan antara pohon industri Teknologi Informasi dengan investment pada industri tertentu yaitu pohon industri teknologi informasi merupakan kemampuan dari komponen technoware, humanware, inforware dan orgaware serta gabungan (integrasi) antara teknologi komputer dengan pengolahan informasi. Dari pengertian teknologi informasi, hubungan dengan investment pada industri tertentu akan bergantung pada lingkungannya (eksternal dan internal). Sebagai contoh pada eksternal yaitu IT berperan sebagai jembatan untuk industri yang lama dan baru, dengan IT seluruh dunia dapat menjadi tempat untuk melakukan bisnis (marketplace), sedangkan contoh pada internal yaitu IT menyebabkan lingkungan kerja internal organisasi berubah, terjadi perubahan yang cukup significantdalam struktur organisasi & terjadi pergeseran cara pengelolaan pekerja (managing people).
4. Cara memaksimumkan nilai investasi TI perusahaan, sambil meminumkan resiko yaitu dengan memperhatikan Dukungan Eksekutif (tenaga kerja, uang, alat, dsb.), Keterlibatan User, Manajer Proyek yang berpengalaman, Sasaran Proyek yang secara jelas terdefinisi, Lingkup secara jelas terdefinisikan (yang kecil), Jadwal yang pendek, tonggak pengawasan ganda (multiple milestones), Proses Pengelolaan Proyek secara jelas terdefinisi dan Infrastruktur standar. Departemen IT harus mendemonstrasikan return on technology investment dengan cara harus memahami strategi dan operasional, dengan demikian begitu IT dapat diluruskan dengan strategi perusahaan, maka akan ditemui peluang untuk melangkah lebih jauh dan sebenarnya akan mendukung atau mendorong strategi perusahaan. Begitu strategi didifinisikan, maka akan diciptakan rencana operasionalnya, yang termasuk juga proyek TI dan operasional lainnya. Dengan bekerja secara aktif untuk menciptakan pelurusan IT dengan strategi perusahaan maka dapat terjadi memaksimumkan nilai investasi IT perusahaan, sambil meminimumkan resiko.
5. Proyek seharusnya merupakan aplikasi dari knowledge dengan cara memahami Knowledge sebagai kreatifitas dan motivasi yang membutuhkan inovasi sehingga daya saing akan meningkat. Knowledge merupakan gabungan dari pengalaman dan intuisi dari beberapa pakar, sehingga proyek seharusnya merupakan aplikasi dari knowledge.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar