Rabu, 10 November 2010

Hubungan antara Standarisasi OSI dan Karakteristik Network Arsitektur pada Protokol Komunikasi Data : System Network Architecture (SNA) IBM (Bagian 1)

Tugas Mata Kuliah Jaringan Komputer
Tri Wahyudi

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang Masalah
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang komputer saat ini sangatlah pesat. Perkembangan di bidang perangkat keras selalu selangkah lebih maju dibandingkan dengan perkembangan di bidang perangkat lunak. Perkembangan teknologi komputer akhirnya telah mencapai ke suatu teknologi jaringan. Dengan teknologi jaringan ini, beberapa pengguna dapat menggunakan suatu informasi secara bersamaan. Sisi lain dari keunggulan sistem jaringan dipandang dari segi jarak. Selama komputer kita terhubung dengan pusat jaringan, kita dapat mengakses semua data yang ada di pusat dari tempat di mana kita berada. Dengan adanya fenomena ini, maka perkembangan perangkat lunak juga mengalami pergeseran. Dari produk-produk yang berorientasi Personal Computer menjadi produk-produk yang berorientasi jaringan. Contohnya Microsoft yang mulai mengembangkan MS Windows-nya menjadi Windows NT. Peningkatan penggunaan basis data juga dituntut agar dapat diterapkan pada sistem jaringan melalui sebuah protokol.
Kata protokol dibidang komputer digunakan untuk menjelaskan suatu aturan untuk saling berhubungan antara berbagai unit. Peralatan jaringan komputer mengikuti protokol dalam berkomunikasi satu sama lain. Sejak awal terdapat keragaman produk perangkat keras dan perangkat lunak Jaringan komputer yang tersedia di pasar. Keragaman ini disatu sisi menguntungkan pemakai peralatan Jaringan komputer karena mendorong persaingan di antara pemasok dan menyediakan pilihan model yang luas, namun keragaman ini menjadi beban karena sulit untuk saling menghubungkan produk dari para pemasok yang berbeda.
Sejumlah perusahaan manufaktur peralatan jaringan komputer menyadari potensi ketidak sesuaian peralatan sebelum situasi menjadi tidak terkendali. IBM adalah salah satunya. Pada tahun 1970, IBM memasarkan 200 produk jaringan komputer yang berbeda yang dapat saling dihubungkan dengan 15 cara yang berbeda, dan manajemen IBM memutuskan bahwa satu set protokol perlu didefinisikan agar menjadi panduan bagi pengembang di masa depan. IBM menamakan sistem protokolnya dengan System Network Architecture (SNA).
SNA diterima begitu baik sehingga perusahaan manufaktur komputer lain mengembangkan standar mereka sendiri. Misalnya Burroughs mengumumkan Burrougs Network Architecture (BNA) dan Honeywell mengembangkan Distibuted System Environment (DSE), namun para pemakai tidak melihat banyaknya standar dari perusahaan manufaktur sebagai solusi bagi permasalahan mereka. Misalnya, SNA dari IBM memudahkan hubungan dengan perangkat keras dan perangkat lunak IBM, tetapi tidak membantu pemakai yang ingin menggabungkan produk IBM dengan pemasok lain.
1.2.Rumusan Masalah
Dari uraian di atas, penulis mencoba untuk mendalami SNA sebagai alternatif dari protokol TCP\IP yang terkenal banyak digunakan (standard), namun belum tentu protokol yang terbaik. Alasan penggunaan Protokol SNA dalam paper ini adalah karena Protokol SNA merupakan protokol khusus yang dapat dikembangkan sendiri pada jaringan yang terhubung dengan jaringan Internet.

1.3.Pembatasan Masalah
Paper ini hanya akan membahas analisis antara model referensi Open System Interconnection (OSI) yang digunakan sebagai acuan membuat suatu protokol komunikasi data dengan menggunakan protokol SNA.

1.4.Tujuan Pembahasan
Pembahasan protokol SNA ini bertujuan untuk:
a.Agar dapat mengetahui protokol komunikasi data selain TCP/IP
b.Dapat menganalisis antara model refernsi OSI dengan menggunakan protokol SNA.
c.Memenuhi tugas mata kuliah Jaringan Komputer

1.5.Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan paper ini adalah :
BAB I PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang Masalah
1.2.Rumusan Masalah
1.3.Pembatasan Masalah
1.4.Tujuan Pembahasan
1.5.Sistematika Penulisan
BAB II LANDASAN TEORI
2.1.Konsep Dasar, Sejarah dan Jenis Jaringan Komputer
2.2.Topologi Jaringan Komputer
2.3.Model Referensi OSI dan Standarisasi
2.4.Protokol Jaringan Komputer
2.5.TCP/IP
2.6.SNA
BAB III PEMBAHASAN
3.1.Perbandingan OSI dengan TCP/IP
3.2.Perbandingan OSI dengan SNA

BAB IV PENUTUP
4.1.Simpulan
4.2.Saran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar