Sabtu, 30 Oktober 2010

Raker Dosen Tahun 2010




Rapat Kerja Dosen tahun 2010 menitikberatkan pada permasalahan yang berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan mencakup antara lain evaluasi pendidikan yang meliputi unsur dosen, mahasiswa, dan pengelola pendidikan, serta validitas dan efektifitas kurikulum serta metode pembelajaran yang berjalan. Melalui rapat kerja diharapkan dapat terjalin komunikasi yang baik antar sesama dosen dan antara dosen dengan pengelola satuan pendidikan Sekolah Tinggi Sandi Negara terkait dengan permasalahan-permasalahan yang timbul dalam proses belajar mengajar dan mencari solusi terbaik dari setiap permasalahan.Selain itu, Rapat kerja Dosen 2010 juga membahas kebijakan pendidikan STSN yang terkait dengan tridharma perguruan tinggi, dalam hal ini kegiatan penelitian.
Rapat Kerja Dosen tahun 2010 yang dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat, dengan mengundang pembicara yang berasal dari kalangan akademisi dan praktisi, juga mengadakan acara kunjungan peserta rapat ke ITB untuk meninjau hasil-hasil penelitian yang telah atau sedang dilakukan. Selain itu juga dilakukan penjajakan kerja sama penelitian dan pendidikan dengan pihak Rektorat ITB dan Dekan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB.



Kegiatan Rapat Kerja Dosen Tahun 2010 yang telah dilaksanakan meliputi:
1. Pembukaan Rapat Kerja Dosen dan Pengarahan dari Bapak Kepala Lembaga Sandi Negara
2. Ceramah dan diskusi panel dengan pembicara:
a. Rektor Institut Teknologi Bandung
b. Dr. Eng Ir. Sarwono Sutikno, Pakar Keamanan Informasi
c. Deputi Bidang Pengkajian Lembaga Sandi Negara.
3. Site visit atau kunjungan peserta rapat ke Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB untuk meninjau hasil-hasil penelitian yang telah atau sedang dilakukan khususnya yang berhubungan dengan kriptografi dan keamanan informasi dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi.
4. Selain itu dilakukan penjajakan kerja sama penelitian dan pendidikan antara Sekolah Tinggi Sandi Negara dengan pihak ITB.
5. Pada raker dosen kali ini, telah dilakukan pengarahan oleh Wamendiknas dalam hal ini disampaikan oleh Direktur Kelembagaan Ditjen Dikti mengenai Status STSN pasca dibatalkannya Undang-undang Nomor 9 Tahun 2009 tentang Badan Hukum Pendidikan.
6. Penyusunan Road map Penelitian STSN
7. Penutupan oleh Sekretaris Utama Lemsaneg


Bertempat di Aula Hotel Scarlet, Jalan Siliwangi Bandung, Kepala Lembaga Sandi Negara, Mayjen TNI Wirjono Budiharso, S.IP secara resmi membuka Rapat Kerja Dosen Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN). Acara dimulai pada pukul 11.00 WIB dan dihadiri oleh 20 orang peserta, pejabat struktural, tampak pula hadir rektor ITB, Prof. Akhmaloka Ph.D dan Plt. Direktur Operasi Sistem, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan Dr. Eng. Ir. Sarwono Sutikno, CISA, CISSP, CISM. Dalam sambutannya, Kepala Lembaga Sandi Negara mengingatkan bahwa hendaknya selain menyiapkan mahasiswa STSN dengan ilmu pengetahuan, dosen juga tetap memberikan keteladanan bahwa ilmu yang dipelajari juga harus menyentuh kehidupan nyata dalam masyarakat.

Rapat Kerja Dosen STSN diawali dengan laporan Ketua Panitia, Syahrul Mubarak yang juga merupakan Ketua STSN. Acara akan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 18 sampai dengan 20 Mei 2010. Secara garis besar acara rapat kerja dosen ini membahas tentang arah kebijakan penelitian di lingkungan Lembaga Sandi Negara sampai perkembangan STSN sebagai sekolah kedinasan pasca dibatalkannya Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan. Diskusi panel mengenai arah kebijakan penelitian di ITB, dan Penelitian di bidang keamanan informasi juga akan digelar dalam acara rapat kerja dosen ini. Setelah mengikuti rapat kerja tersebut, para peserta melakukan studi banding di ITB mengenai penelitian seputar ilmu elektro dan kriptologi yang mereka lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar