Sabtu, 30 Oktober 2010

Paper Tim Riset STSN - 3

masih dalam proses....

“Key Management Mobile Adhoc Network”


Distributed Sysmmetric Key Management for Mobile Ad Hoc Network

1. Mobile Ad Hoc Network (MANET) adalah jaringan peer-to-peer yang tidak tergantung pada infrastruktur tetap apapun, lebih jauh jaringan adhoc mampu membuat jaringan dan semua fungsi jaringan secara instant “on the spot” (seperti routing, mobility management etc..) oleh node itu sendiri dalam aturan self-organized.
2. Karakteristik MANET
a. Operating without a central coordinator
b. Multi-hop radio relaying
c. Frequent link breakage due to mobile nodes
d. Constraint resources (bandwidth, computing power, battery lifetime, etc.)
e. Instant deployment
3. Aplikasi MANET
a. Military applications
b. Collaborative computing
c. Emergency rescue
d. Mesh networks
e. Wireless sensor networks
f. Multi-hop cellular networks
g. Wireless Community Network
4. Karena karakteristik dan kebutuhan akan infrasturktur jaringan secara instant menjadikan teknologi MANET semakin berkembang implementasinya. MANET menggunakan media wireless dalam berkomunikasi antar node, oleh karena itu butuh pengamanan dalam implementasinya dengan menggunakan mekanisme kriptografi.
5. Hampir semua aplikasi pengamanan seperti kerahasiaan, otentikasi dan integrity memerlukan suatu framework key manajemen yang handal.
6. Tantangan dan hambatan dalam merancang key manajemen untuk MANET adalah menciptakan infrastruktur komunikasi yang aman tanpa adanya infrastrur jaringan komunikasi sebelumnya. Dan ketiadaan TTP dan Server jaringan.
7. Distributed Key Pre-Distribution Scheme (DKPS) menjadi alternative jawaban permasalahan key manajemen untuk MANET.
8. DKPS terdiri atas 3 tahapan yaitu Distributed Key Selection (DKS), Secure Shared-key Discovery (SSD) and Key Exclusion Property Testing (KEPT).


TINDAK LANJUT :
Pembahasan resume tentang Mobile Adhoc Network (MANET).
• Perlu dikaji lebih dalam tentang MRS dengan uji manual. Untuk itu perlu dibuat program untuk pengujian dan testing (apakah testing bagian dari program pengujian tersebut atau terpisah?).
• Pembuatan program untuk aplikasi terdiri dari beberapa bagian yaitu program di smart card (generate) untuk menyimpan kunci, program interaksi untuk menjembatani pencarian subset yang benar, program pengecekan, dan, bila diperlukan, program untuk enkripsi.


Tim Protokol:

Didik Utomo, Tri Wahyudi, Jumiati, Prasetyo Adi WP.

Tugas:

o Membuat flowchart protokol key management secara holistik, meliputi: registrasi, pemilihan kunci, pengujian, enkripsi kunci, pertukaran kunci (optional: aplikasi enkripsi untuk komunikasi data.)
o Dibuat dalam bentuk file dan atau cetak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar