Rabu, 05 Januari 2011

Wikileaks : Kawat Diplomatik Rahasia Yang Berhubungan Dengan Indonesia (Bagian 6)



Dear Bloggers,

Setelah sekian lama informasinya tidak update terutama mengenai wikileaks, kali ini akan saya tambahkan informasi terbaru tentunya yang berkaitan dengan Indonesia. Sampai dengan saat ini, saya belum menemukan kawat rahasia yang dikeluarkan oleh Kedubes AS di Jakarta atau Konsulat di Surabaya walaupun sudah 1.999 kawat yang dipublikasikan.

Hikmah yang kita petik dari kasus ini yaitu bagaimana kita mengintrospeksi mengenai people, process and technology terhadap pengamanan informasi rahasia negara Indonesia, agar tidak terjadi seperti wikileaks. Namun akan sangat menarik kita simak apakah informasi rahasia negara AS dan bagaimana kebijakan luar negerinya seperti yang ditayangkan wikileaks.



Nomor : 10CANBERRA93
Tanggal : 5 Februari 2010 jam 08.08.
Klasifikasi: Terbatas
Dari : Kedutaan AS di Canberra (Australia)
Perihal : CORRECTED COPY -- GARRETT COOL TO WHALING DEAL, SEEKS MORE ON CORAL, RESEARCH

Ringkasan :

Menteri Lingkungan, Warisan dan Seni, Peter Garrett meningkatkan koordinasi dengan AS di Coral Triangle Initiative (CTI), Antartika, yaitu konservasi dan logistik, dan penangkapan ikan paus pada saat negosiasi dengan Duta Besar Bleich pada tanggal 4 Februari.

Garrett berpendapat bahwa Australia tidak akan dapat menerima perjanjian saat ini untuk dipertimbangkan pada penangkapan ikan paus, dimana AS dan Australia, sebagai dua donor paling penting dalam CTI, perlu untuk upaya meningkatkan koordinasi dalam memastikan keberhasilan hasil di bawah CTI.




Garrett mengatakan bahwa sebagai dua utama donor dalam Coral Triangle Initiative, Amerika Serikat dan Australia harus bekerja lebih dekat pada upaya untuk memastikan koordinasi yang hasilnya efektif. Dia mencatat bahwa Presiden Indonesia Yudhoyono menjadi kekuatan pendorong di belakang CTI, dan posisi sekretariat CTI di Indonesia.

Garrett menggunakan sekretariat tentang rencana aksi nasional bukannya rencana regional sebagai sesuatu yang memprihatinkan, dan mengatakan ia akan berusaha
lebih lanjut berdiskusi dengan NOAA Administrator Lubchenco pada CTI. Garrett merasakan sinyal yang kuat bisa dikirim atas masalah selama kunjungan yang direncanakan Presiden ke Indonesia pada Maret.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar